Minggu, 17 Oktober 2010

Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah


Salah satu tujuan pendidikan nasional yang terkait dengan pilar kedua rencana strategis Departemen Pendidikan Nasional adalah peningkatan mutu pendidikan nasional. Persoalan yang berkaitan dengan peningkatan mutu tersebut adalah penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang lebih berorientasi pada input-output tanpa melihat proses dan aspek lainnya; tingkat keberdayaan sekolah yang rendah dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen setelah peralihan penyelenggaraan pendidikan nasional secara sentralistik menjadi desentralistik; serta peran serta masyarakat terhadap sekolah yang rendah.
Untuk mengatasi persoalan tersebut, pemerintah di antaranya menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang memberikan keleluasan kepada pihak sekolah untuk mengelola dan sekaligus meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan sekolah. Pengalaman di sejumlah negara maju seperti di Australia dan Amerika Serikat serta beberapa sekolah di Indonesia yang telah mengimplementasikan MBS menunjukkan bahwa penerapan MBS merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Pada konsep dasar MBS ini,memaparkan pola baru menajemen pendidikan, hubungan antara MBS dan peningkatan mutu pendidikan, prinsip-prinsip dan karakteristik MBS, fungsi-fungsi manajemen yang didesentralisasikan ke sekolah, serta kajian tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM).Sebenarnya banyak sekali yang perlu dikaji dalam MBS diantaranya implementasi,pemberdayaan tenaga kependidikan,peranserta masyarakat,sampai ke pembelajarannya.Namun kiranya tidak cukup dibahas dalam satu sesi saja.Untuk itu akan kami berikan salah satu bab tentang konsep dasarnya ya…..hehe.Untuk kajian lebih lanjut bisa didiskusikan bareng-bareng.
Oh ya,ini juga dapat menjadi salah satu pustaka bagi teman-teman yang akan observasi MBS di SD.InsyaAllah banyak manfaatnya.berikut link-nya:


1 komentar:

  1. How to get to Muhurat Temple in Muhurat by Bus from
    Directions 안양 출장마사지 to Muhurat Temple (Muhurat) with 파주 출장마사지 public transportation. The 구리 출장마사지 following 충청북도 출장샵 transit lines have routes that pass near 화성 출장샵 Muhurat

    BalasHapus