Sabtu, 09 Oktober 2010

Peranan Psikologi Pendidikan

Manfaat psikologi pendidikan dapat ditunjukkan dalam empat komponen pokok dalam proses pendidikan yaitu:
1. Tujuan Pembelajaran
Psikologi pendidikan memberikan kontribusi penting dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh pendidik dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Psikologi pendididkan memberikan bimbingan tentang cara-cara merumuskan tujuan pembelajaran. Para pakar psikologi pendidikan menyatakan apa yang akan peserta didik lakukan jika mereka diberi kesempatan.

2. Karakteristik peserta didik
Karakteristik dan perilaku yang diperoleh peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran baru umumnya akan mempengaruhi kesiapan belajar dan cara-cara mereka belajar. Dengan memperhatikan pengaruh itu, psikologi pendidikan memberikan kontribusi dengan cara membantu pendidik memperhatikan perilaku peserta didik sebelum pembelajaran dimulai.

3. Proses Belajar
Para pakar psikologi pendidikan percaya bahwa berbagai materi pembelajaran yang dipelajari oleh peserta didik mempersyaratkan adanya proses belajar yang berbeda. Seperti halnya cara mempelajari konsep akan berbeda dengan mempelajari prinsip ataupun fakta. Hal ini sangat penting untuk dipahami setiap pendidik karena cara yang berbeda dalam mempelajari materi pembelajaran yang berbeda akan diperoleh hasil yang berbeda pula.

4. Strategi Pembelajaran
Para pakar psikologi pendididikan menyatakan bahwa pemilihan strategi pembelajaran adalah sama pentingnya dengan unsur-unsur pembelajaran lainnya. Strategi pembelajaran ini berkaitan dengan prosedur membantu peserta didik bergerak dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dalam setiap pembelajaran, sehingga peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

5. Evaluasi Pembelajaran
Beberapa kegiatan evaluasi dapat dilakukan pada waktu proses pembelajaran sedang berlangsung, yakni untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik. Evaluasi juga dapat dilakukan pada awal kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemampuan bawaan peserta didik sebelum mengikuti prose pembelajaran. Disamping itu juga evaluasi dapat dilakukan pada akhir pembelajaran untuk mengetahui peroleha peserta didik terhadap tujuan pembelajaran. Berkenaan dengan evaluasi ini, psikologi pendidikan memeberikan kontribusi tentang perumusan instrument evaluasi, pelaksanaan ujian, analisis hasil evaluasi, dan penafsiran hasil evaluasi.
Sumber:
Rifai,Ahmad.Psikologi Pendidikan.Unnes Press.
Sukartini,Sri Patmah.,dkk.,(2007).Teori Psikologi Pendidikan.Dalam Ali,M.,Ibrahim,R.,Sukmadinata,N.S.,Sudjana,D.,Rasjidin,W(Penyunting).Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.Bandung:Pedagogiana Press(Halaman125-144)
Syah,Muhibbin.1995.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Edisi Revisi.Bandung:Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar